Mobil dengan transmisi otomatis terdapat sejumlah angka dan huruf di sekitar tuas transmisi. Ternyata angka dan huruf tersebut memiliki makna dan kegunaan tersendiri di mobilmatik. Buat pengguna mobil bertransmisi otomatis, penting mengetahui apa maksud angka dan huruf di transmisi otomatis. Biar makin piawai dan menambah knowledge dalam berkendara mobil matik.

P (PARK)
Park berarti parkir. Saat menghidupkan atau mematikan mesin tuas transmisi wajib ada di posisi P. Ketika di posisi P transmisi terkunci dan mobil tidak bisa didorong.

R (REVERSE)
Reverse berarti mundur. Ketika tuas berada di posisi R, maka mobil akan bergerak mundur.

N (NEUTRAL)
Neutral atau netral. Dalam posisi ini mesin dan transmisi dalam keadaan bebas atau tidak terhubung.

D (DRIVE)
Drive berarti berjalan. Ketika di posisi D mobil akan bergerak maju dengan normal.

ANGKA 1, 2 DAN 3
Ketika tuas di posisi 1, 2 atau 3, berarti tenaga atau kecepatan mobil hanya sampai gigi 2 atau 3. Di beberapa mobil, angka 1 diganti dengan huruf L (Low) yang berarti posisi gigi terendah. Posisi ini umumnya dipakai saat mobil dalam kondisi melahap tanjakan.

OVERDRIVE (O/D)
Di beberapa mobil dibekali tombol Overdrive (O/D). Dengan mengaktifkan overdrive, Anda akan melaju dengan menggunakan gigi tertinggi.

SHIFT-LOCK
Fitur ini bermanfaat saat Anda parkir pararel. Shift lock digunakan agar Anda dapat memindahkan posisi tuas transmisi dari P ke N dengan kunci kontak tercabut. (Otomotifnet.com)

Sumber : Otomotifnet.com