Aki mobil tidak selamanya dalam kondisi yang prima. Ada kalanya, aki mobil soak atau bermasalah dengan beberapa tanda-tanda yang terlihat. Indikasinya itu mulai dari lampu redup, suara klakson pelan dan indikator di spidometer mati. Namun, kondisi itu masih bisa diatasi dengan cara men-jumper aki.

“Jumper aki harus menggunakan kabel jumper agar aman.” “Soalnya berbahaya jika pakai perangkat lain,” ujar Mikhael Boedhi Tjahjono distributor Aki NS, Jakarta Selatan. Menurut Mikhael, jika menggunakan perangkat lain bisa saja terjadi korsleting.

Bagaimana melakukan jumper aki itu? Caranya mudah, pertama siapkan aki yang masih bagus atau gunakan aki dari mobil lain.
Kemudian siapkan kabel jumper yang terdiri dari dua warna, yakni hitam dan merah.

“Pasang kabel merah pada terminal positif aki yang soak dan yang hitam di terminal negatif,” jelas Mikhael Boedhi Tjahjono.
Pastikan jangan sampai terbalik memasangnya.” “Harus positif dengan positif dan negatif dengan negatif.” “Tunggu beberapa saat sebelum di-starter. “Setelah mobil hidup lepaskan kabel jumper satu per satu mulai dari aki yang di-jumper,” pungkas Mikhael Boedhi Tjahjono. (Otomotifnet.com)

Sumber : Otomotifnet.com